Menjadi Guru yang Dirindukan

“Murid-murid kita itu akan menjadi guru-guru masa depan yang hebat apabila mereka rindu belajar dan rindu sekolah. Dan yang membuat mereka rindu belajar dan rindu sekolah adalah kalau mereka rindu kepada gurunya.” —Mario Teguh—

Pernahkah anak-anak kita mengirim surat cinta kepada Anda. Yang dalam surat  itu ia ungkapkan bahwa ia senang belajar dengan Anda. Bahwa ia mengidolakan Anda. Bahwa ia merindukan kelas Anda. Atau mungkin  itu tidak ditulis dalam sebuah surat tapi ia ungkapkan langsung kepada Anda atau orang lain yang kemudian disampaikan kepada Anda. Kalau pernah, maka berbahagialah. Karena Anda sudah menjadi Guru yang dirindukan oleh anak-anak Anda.

Bagaimana agar kita menjadi sosok yang dirindukan anak? Pertama, jadilah bagian dari mereka. Masuklah ke dunia mereka. Pikirkan seperti apa yang mereka pikirkan. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kalau anda pandai bercerita, maka berceritalah. Bawalah imajinasi mereka dengan nilai-nilai yang kita ingin tumbuhkan. Kalau Anda, pandai bernyanyi. Maka bernyanyilah. Ajaklah mereka untuk bergembira. Buatlah hati mereka berbunga-bunga. Ceria. Dan berbahagia. Apapun yang anda lakukan di kelas. Maka ciptakan suasana kelas yang menyenangkan.

Kedua, Jadilah sahabat mereka. Berilah perhatian kepada mereka. Tunjukkan bahwa kita ikut berbahagia  ketika mereka bahagia dan hiburlah ketika mereka bersedih. Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan mereka. Tunjukkan bahwa Anda bisa menjadi tempat curhat mereka.

Ketiga, rindukan mereka sebagaimana Anda berharap mereka merindukan Anda. Dengan demikian Andapun merasa ingin setiap saat bersama mereka. Anda akan menyambut mereka dengan bahagia. Penuh suka cita. Kelas menjadi sebuah tempat luar biasa berbunga-bunga. Karena guru dan siswa sama-sama rindu bertemu. Kerinduan karena Allah SWT. Ketika pun waktu pulang. berpisah. Antarkan anak-anak kita dengan senyuman. Sampaikan salam untuk kedua orang tua mereka. Dan bisikkan bahwa Anda menyayangi mereka.

Kalau itu Anda lakukan maka, insya Allah, ungkapan Mario teguh di atas tidaklah berlebihan. Dan suatu saat mereka, anak-anak Anda, akan menjadi guru-guru masa depan yang hebat karena mereka rindu belajar dan sekolah. Karena mereka rindu gurunya. Dan Guru itu adalah Anda.***

Salam Sukses,

M. Furqon Zahidi motivator edukasi

2 thoughts on “Menjadi Guru yang Dirindukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s