Sudahkah kita menjadi teladan bagi anak kita?

Setiap hari kita bergelut dengan dunia anak. Dunia yang kadang membuat kita tertawa dengan aneka kelucuan anak-anak dan juga kadang membuat kita sedih dengan permasalahan mereka.

Setiap hari kita berusaha mengarahkan mereka agar menjadi anak yang baik. Anak  yang saleh salehah. Yang pandai. Rajin solat. Pintar mengaji. Berakhlak baik terhdap teman,guru, orang tua, dan masyarakat.

Setiap hari kita mengatakan kepada anak-anak kita, “ Anak-anak dalam bergaul kita harus menjaga sikap kita,lisan kita, perbuatan kita agar tidak menyakiti teman. Karena Rosulullah pun memberi contoh agar kita senantiasa menjaga hubungan dengan orang lain. Orang lain senantiasa merasa aman dengan kita. Orang lain tidak merasa sakit hati dengan kita. Orang lain merasa senang dengan sikap, ucapan, dan perbuatan kita.”

Tetapi kita masih saja mendengar bahkan kadang menyaksikan sikap, ucapan, prilaku anak-anak kita yang kasar. Meyakiti teman mereka sendiri. Seakan-akan nasehat yang kita berikan masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Tidak atsar terhadap mereka. Nasehat kita layaknya angin lalu. Bagai air di daun talas. Tidak berbekas.

Mengapa ? Apa yang salah dengan nasehat kita?

Marilah kita introspeksi.  Sudahkan kita menjadi teladan bagi mereka? Sudahkan sikap, ucapan dan prilaku kita sesuai dengan apa yang kita nasehatkan kepada mereka?

Kalau belum… jangan salahkan anak-anak kita kalau mereka seperti itu.***

Salam Sukses,

M. Furqon Zahidi Motivator Edukasi

4 thoughts on “Sudahkah kita menjadi teladan bagi anak kita?

  1. betul bahwa dunia anak ada tawa ada kesusahan. mengantarkan anak pada kesholihan dimulai bagaimana kita dapat dipercaya. kepercayaan itu kita dapatkan dari anak jika lisan kita terbiasa berkata jujur. modal sukses jadi ibu bila ia jujur pada anaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s