Cukuplah Allah Bagiku

Setiap kita pasti punya masalah. Setidaknya pernah punya masalah. Mulai masalah yang sepele sampai  masalah yang bisa mengguncang kehidupan kita. Sesungguhnya bukan masalah itu yang jadi masalah. Tapi bagaimana kita menghadapi dan menyikapi masalah tersebut. Orang boleh sama-sama makan nasi. Tapi toh bisa berbeda ketika dihadapkan pada sebuah masalah.

Lihat saja tidak sedikit  orang yang terjerumus narkoba dan dunia hitam ketika menghadapi masalah. Lebih parah lagi kalau pilihan mengakhiri hidup diambil untuk “mengakhiri” masalah. Tragis kan. Kalau sudah seperti itu, terus “gue mesti bilang Woow gitu?”

Allah SWT sebenarnya sudah memberikan resep yang manjur buat kita. Resep yang bisa dipakai untuk menghadapi berbagai macam masalah kehidupan. Sebuah kalimat yang sederhana. Tetapi sungguh mempunyai makna yang luar biasa dalam. Apa kalimat itu? Ini, “Cukuplah Allah bagiku”. Apa artinya? Artinya semua kita kembalikan kepada Allah. Anda sedang galau? Kembali kepada Allah. Anda punya hutang yang belum terbayar? Serahkan kepada Allah.  Masalah apapun, katakan “Cukuplah Allah bagiku.” Mantap kan!

Yakinlah Allah akan menolong kita, ketika kita minta. Allah akan ngasih, kalau kita minta. Tetapi kadang kita menomorsekiankan Allah. Ketika kita menghadapi masalah hutang. Yang kita cari pertama adalah pinjaman ke sana kemari.  Salah? Tidak salah. Tetapi Anda melupakan Allah. Yang Maha Kaya. Yang mampu melunasi hutang sebesar apapun. Akhirnya apa yang terjadi? Bayar hutang dengan membuat hutang baru. Istilahnya gali lubang tutup lubang. Hutangnya ga ilang-ilang. Nah Kalau sudah begitu, merasa sudah tidak berdaya, baru kita ingat sama Allah.

“Ya Bang, namanya juga usaha dulu.” Eit, hati-hati, sepertinya yang diucapkan itu benar. Tetapi bisa menjerumuskan kita.  Ingat yang bisa memberi solusi itu hanya Allah. Yang bisa mengeluarkan kita dari masalah itu cuma Allah. Hanya saja kita tidak tahu caranya bagaimana. Kapan waktunya. Lewat siapa. Itu rahasia Allah. Yang penting yakin dan yakin dan yakin.  Misalnya kita punya hutang  dan bingung bagaimana membayarnya, mestinya Kita lapor dulu sama Allah. “Ya Allah, saya punya masalah. Jadikan masalah ini menjadi kebaikan buat saya. Berilah jalan keluar yang bisa memberikan kebaikan buat saya dan juga buat orang yang saya hutangi.”  Setelah itu barengi dengan usaha sungguh-sungguh. Nah, begitu baru cakep!

Jadi, yakinkan dalam hati kita bahwa hanya Allah yang bisa mengeluarkan kita dari masalah apapun. Ketika kita menghadapi masalah maka katakan, “… Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arsy yang agung.”(At-Taubah [9]: 129)***

Salam Sukses,

M. Furqon Zahidi Motivator Edukasi

twitter@mfurqonzahidi

sumber foto : http://kajiank5.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s