Menjadi Guru Move ON

move onMenjadi guru adalah pilihan. Sebagaimana pilihan-pilihan yang lain. Tetapi ketika pilihan itu sudah Anda jatuhkan maka pastikan Anda mampu menjadi guru yang terbaik. Guru Hebat.

Pastikan bahwa Anda menjadi guru yang terus bertumbuh. Semakin hari kemampuan Anda semakin terasah. Semakin hari Anda semakin dicintai oleh anak-anak didik Anda.

Untuk terus bertumbuh maka  harus ada upaya yang sungguh-sungguh dan terencana. Sehingga langkah-langkah Anda akan selalu terjaga. Anda akan senantiasa pada jalur yang benar. Always On the track. Energi Anda tidak habis untuk aktifitas yang tidak ada pengaruhnya terhadap peningkatan kualitas diri Anda.

Sambil menyeruput secangkir teh hangat  di pagi hari ini, saya akan berbagi tips hebat dari sebuah buku  keren yang ditulis oleh guru saya Jamil Azzaini. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa untuk bisa bertumbuh kita harus memiliki 4 ON.  Apa itu 4 ON? 4 On adalah visiON, actiON, PassiON dan collaboratiON.

Saya akan meracik dan  menghidangkan 4 ON tersebut sesuai dengan cita rasa guru. Selamat menikmati. Hm… mama mia lezatos!

#1  visi-ON

Ketika Anda keluar rumah tanpa ada tujuan maka boleh jadi Anda akan muter-muter gak karuan. Anda tidak tahu harus menuju ke mana. Naik Apa. Bertemu siapa. Akhirnya langkah Anda menjadi tidak terencana dan tidak fokus.  Anda akan mudah untuk mampir sini mampir sana.  So, Anda harus punya tujuan. Punya visi. Untuk apa Anda memilih menjadi guru? Visi itu harus Anda ukir dalam jiwa Anda dan Anda deklarasikan agar orang-orang sekitar Anda tahu dan ikut mendukung visi Anda tersebut.

Visi yang dibuat haruslah bermuara pada kehidupan abadi. Kehidupan akhirat. Karena kalau hanya dibuat untuk hidup di dunia saja maka Anda hanya akan sampai pada separuh perjalanan bahkan kurang. Visi hidup yang sesungguhnya adalah bahagia di kehidupan abadi. Tetapi Allah SWT mengingatkan untuk  “… Jangan melupakan bagianmu di dunia.”

Jadi buatlah visi akhirat sekaligus visi dunia Anda. Misalnya Anda ingin berkumpul dengan keluarga dan anak didik Anda di Surga. Untuk itu Anda harus memantaskan diri dengan visi dunia Anda misalnya Menjadi Guru Terbaik Yang Mampu Membangun Kelas Yang Menyenangkan Untuk Anak-Anak Didik Saya.

#2 Acti-ON

Tidak cukup hanya visi. Butuh tindakan. Butuh aksi nyata. Maka lakukan aktifitas-aktifitas yang mendukung visi Anda. Misalnya mengikuti pelatihan-pelatihan yang relevan. Membaca buku-buku tentang pendidikan dan metode-metode mengajar efektif.  Membuat persiapan mengajar dengan baik.  Tidak sekedar memenuhi kewajiban administratif. Tetapi betul-betul merencanakan bagaimana proses pembelajaran di kelas menyenangkan. Anak-anak merasa betah berada di kelas. Kegiatan belajar bukan lagi kegiatan yang menyiksa dan membosankan.

Tentu saja semua aktifitas itu harus menyertakan Allah SWT sehingga muncul keikhlasan dalam diri kita.

#3 Passi-ON

Jadikan pilihan menjadi guru adalah pilihan hati. Cintai profesi ini. Pastikan Anda tidak merasa ragu dengan pilihan itu. Anda harus menilai apakah passion Anda adalah menjadi Guru atau pegawai kantoran atau pengusaha.

Kalau passion Anda adalah menjadi guru maka yakinlah semua aktifitas yang Anda lakukan tidak akan terasa berat dan tentu saja Anda akan bersedia melakukan apapun untuk meningkatkan kompetensi Anda.

#4 Collaborati-ON

Kita, Anda, adalah makhluk sosial. Langkah-langkah Anda akan lebih sempurna ketika Anda mampu menemukan komunitas yang mendukung visi, aksi dan passion Anda menjadi seorang guru. Anda bisa bergabung dengan komunitas guru. Berpartner dengan orang yang mampu berbagi dan mendukung Anda. Anda harus berkolaborasi dengan orang ataupun komunitas. Karena dengan itulah, semangat Anda akan senantiasa membuncah dan akan semakin banyak Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri.

Keempat ON ini akan menjadikan Anda menjadi Guru yang senantiasa Move On. Guru yang terus bertumbuh dan bertumbuh. Guru yang semakin dicintai oleh anak-anak didiknya. ***

Salam Sukses,

M. Furqon Zahidi Motivator Edukasi

twitter@mfurqonzahidi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s