Ternyata Allah Maha Adil

pohon rindangTersebutlah seorang pengelana yang kelelahan setelah melakukan perjalanan jauh. Dipinggiran sebuah desa dilihatnya sebuah pohon besar dan rindang. Segera ia beristirahat di bawah pohon tersebut.

Sambil berbaring ia memperhatikan buah pohon tersebut,”Pohon sebesar dan serindang ini kok buahnya kecil-kecil,” bisiknya,”Kayaknya Tuhan salah bikin.” Ia seperti menyalahkan Tuhan. Karena ia perhatikan sebuah pohon yang tidak jauh dari tempat ia beristirahat memilki buah yang lebih besar padahal pohon tersebut jauh lebih kecil dan daunnya juga tidak begitu rindang.

Beberapa saat kemudian. Tiba-tiba, buah yang sedari tadi ia perhatikan jatuh tepat mengenai hidungnya. Ia kaget bukan kepalang dan langsung beristighfar dan berucap,”Ternyata Tuhan Tidak salah menciptakan. Kalau saja buah pohon itu besar, mungkin saya sudah almarhum.”

Sahabat, ternyata terkadang kita berburuk sangka dengan apa yang Allah ciptakan. Kita berburuk sangka dengan apa yang Allah berikan kepada kita. Padahal sesungguhnya Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan. Allah menciptakan pohon rindang dengan buah kecil karena Dia tahu manusia membutuhkan pohon tersebut untuk berteduh dan beristirahat. Sehingga kalaupun buahnya jatuh ketika ada orang di bawahnya maka buah itu tidak akan melukai atau menyakitinya. Ya Tuhan Kami, Tidak ada ciptaanMu yang salah. Maha suci Engkau. Lindungilah kami dari siksa api neraka.

Dalam kehidupan pun demikian. Kadang kita merasa Allah tidak adil. Merasa Allah tidak menjawab doa-doa yang kita panjatkan. Kita merasa  sudah begitu banyak berbuat baik tetapi kehidupan kita masih sulit dan jauh dari berkecukupan. Kita merasa sudah bekerja dan memberikan yang terbaik tetapi karir dan penghasilan kita tidak pernah naik. Istighfarlah, karena boleh jadi kita sudah berburuk sangka kepada Allah. Yakinlah ada kehendak Allah yang lebih baik. Yakinlah ada sesuatu yang jauh lebih baik yang akan diberikan kepada kita. Yakinlah Allah memberikan apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Ternyata Allah Maha Adil.***

Salam Sukses,

M. Furqon Zahidi, Motivator Edukasi

follow twitter@mfurqonzahidi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s