Memelihara Semangat

semangatSaya yakin, setiap kita pernah merasakan semangat sedang turun. Galau dan kehilangan gairah untuk merealisasikan mimpi-mimpi kita. Di awal tahun, dengan semangat empat lima, kita membuat proposal hidup. Resolusi tahunan. Dengan target-target yang luar biasa bagusnya. Tetapi di tengah perjalanan semangat itu terus meredup dan perlahan  padam. Mengapa bisa terjadi?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita analogikan dengan sebuah bunga. Awal di tanam ia tumbuh subur. Mekar mewangi. Membuat senang setiap orang yang memandang. Coba biarkan bunga itu tanpa di siram, tanpa dipupuk. Berapa hari kemudian, apa yang terjadi? Ya, bunga itu akan layu dan perlahan, namun pasti, ia akan mati.

Nah, begitupun dengan kita. Semangat yang ada dalam diri kita. Kalau tidak pernah dipelihara. Tidak pernah di siram. Tidak pernah di pupuk. Maka seiring berjalannya waktu akan meredup dan mati. Itulah sunnatullah.

Bagaimana Memelihara Semangat?  

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memelihara semangat. Saya coba sharing beberapa contoh dari pengalaman saya. Pertama, membaca buku-buku yang berisi tentang motivasi. Tentang keberhasilan seseorang. Tentang pengalaman hidup seseorang. Jadikan ia sebagai cermin kehidupan.

Kedua, menonton acara-acara TV yang memberikan motivasi. Misalnya acara wisata hatinya Ust. Yusuf Mansur. Setiap saya menonton acara tersebut, semangat saya untuk menjadi orang sukses dunia akhirat senantiasa tumbuh dan tumbuh. Apalagi yang disampaikan benar-benar pengalaman hidup. Saya selalu di ingatkan tentang keyakinan akan pertolongan Allah. Diingatkan untuk senantiasa kembali kepada Allah. Allah dulu, Allah lagi, Allah terus, begitu yang sering disampaikan Ust. Yusuf Mansur.

Ketiga, mengikuti seminar atau pelatihan yang selaras dengan passion Anda. Kegiatan ini akan mengasah keterampilan Anda. Setelah itu berlatihlah dan tambah jam terbang dalam profesi Anda yang Anda geluti. Setelah itu, perkaya dengan inovasi dan kreatifitas yang Anda miliki.

Keempat, bergaul dengan orang-orang yang sejalan dengan visi Anda. Sejalan dengan cita-cita hidup Anda. Orang-orang yang akan menjadikan hidup Anda lebih hidup. Berkolaborasi, begitu istilah Jamil Azzaini dalam buku ON. Masuklah dalam komunitas orang-orang yang mempunyai energi positif.  Seperti sabda Nabi “Seseorang tergantung Agama temannya, maka hendaklah salah seorang diantara kalian melihat dengan siapa dia berteman”. (HR. Imam Abu Dawud) Artinya lingkungan dan dengan siapa kita bergaul akan sangat mempengaruhi kita. Orang atau komunitas yang selalu menyuarakan kebaikan dan semangat untuk meraih kehidupan sukses mulia akan menularkan hal yang sama kepada diri kita.

Jadi, peliharalahan terus semangat Anda dengan melakukan aktifitas yang mendukung visi dan cita-cita hidup Anda. ***

Salam Sukses,

M. Furqon Zahidi, Motivator Edukasi

ikuti saya di twitter@mfurqonzahidi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s