Pahami Dulu !

bingung Terkadang kita bereaksi terhadap sesuatu yang sebenarnya kita belum mengetahui duduk persoalannya. Alhasil, reaksi dan tindakan yang kita lakukan tidak menjawab persoalan atau masalah yang ada. Bahkan, terkadang, memunculkan masalah baru.

Kisah ini akan memberikan gambaran kepada kita bagaimana seharusnya kita mensikapi sebuah masalah atau persoalan.

Adek, seorang anak yang baru duduk di kelas 1 Sekolah Dasar. Suatu ketika sepulang sekolah dari sekolah ia bertanya kepada kedua orang tuanya.

“Ayah, Bunda, boleh nanya nggak?”

Ayah bundanya sejenak agak heran dengan pertanyaan anaknya.

”Ya boleh dong. Masa nggak boleh. Emang Adek mau nanya apa?” Bunda menghampiri Adek.

“Mm.. Adek asalnya dari mana sih, Bun?”

Deg… Ayah Bundanya kaget luar biasa. Mereka berdua saling berpandangan. Mereka tidak menyangkan akan mendapatkan pertanyaan seperti itu dari anaknya yang masih usia kecil. Mereka bingung bagaimana menjelaskan dan menjawab pertanyaan itu. Mereka merasa pertanyaan itu belum selayaknya di ungkapkan apalagi dijelaskan secara detil. Tetapi, kalau tidak dijawab tentu akan mengecewakan anaknya.

“Ayah gimana ngejelasinnya. Ayah aja yang jawab ya.” Bisik Bunda kepada suaminya.

“Udah, Bunda aja,” Suaminya tak kalah bingung.

Bunda menarik nafas panjang. Saya harus menjelaskan dengan hati-hati, katanya dalam hati.

“Sayang, sini bunda jelaskan ya. Mm… Adek itu berasal dari pertemuan sperma dan sel telur di rahim bunda. Setelah itu Bunda mengandung sembilan bulan. Terus… adek lahir deh.” Bunda mencoba menjelaskan dengan bahasa yang dirasa bisa di pahami oleh anaknya.”Gimana? Adek ngerti kan?”

“Adek masih bingung, Bun. Jawabannya kok panjang banget. Temen-temen Adek jawabannya pendek-pendek, walaupun macem-macem.”

“Lho, emang temen-temen adek jawab apa?” Bunda heran.

“Temen-temen adek ditanya asalnya dari mana, ada yang jawab asalnya dari Padang. Ada yang dari Sunda. Dari Batak. Dari Jawa juga ada. Nah, mereka nanya kalo adek asalnya dari mana? Adek bingung, adek gak tau jawab apa.”

Jebreeettt... Kedua orang tuanya bengong. Asli melongo. Nah lho… hehehe

Jadi, sebelum bereaksi terhadap sebuah masalah. Pahami dulu permasalahan tersebut. Karena boleh jadi penyelesaiannya sangat sederhana. Jawabannya sangat mudah. Tidak sesulit yang kita bayangkan.***

Salam Sukses,

M. Furqon Zahidi, Motivator Edukasi

sharing dengan saya di twitter@mfurqonzahidi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s