Bahagia Belajar

“Ayah, besok pagi bangunin jam empat ya,”

Itulah pesan anak saya, kelas 3 SDIT Ummul Quro Bogor, menjelang tidur. Wow… jam empat. Saat masih banyak yang masih terlelap. Ia dengan semangat bangun dan bersiap untuk berangkat ke sekolah.

Jam baru menunjukkan pukul 05.30 ketika saya dan anak saya tiba di sekolah. Hari masih cukup gelap. Tapi ternyata sudah cukup banyak teman-temannya yang hadir.

Tidak ada wajah sedih apalagi menangis. Semua happy. Senang. Semua terlihat antusias dan semangat.

Kok bisa ya? Bisa. Sangat Bisa. Ketika anak sudah merasa nyaman. Merasa senang. Bahagia. Maka tidak ada aktifitas yang membuat mereka berat. Lihat aja, anak-anak sanggup bermain game dari pagi sampe siang. Bahkan sampe sore atau malam. Karena mereka senang.

Belajar pun demikian. Bangun suasana yang menyenangkan. Tumbuhkan rasa ingin tahu. Rasa penasaran. Berikan mereka pengalaman baru yang akan berkesan selama hidup mereka.

Kembali ke cerita di atas. Apa yang membuat mereka antusias dan bersemangat. Setidaknya dari yang terlihat dari anak saya. Ia senang karena akan melakukan kegiatan di tempat yang baru. Markas Komando Brimob. Bertemu dan berinteraksi dengan Pak Polisi yang selama ini hanya ia lihat di jalan ketika mereka bertugas. Melihat polisi dari dekat adalah pengalaman baru buatnya.

Dan ternyata benar. Sepulang dari ia dengan riang bercerita pengalamannya mengikuti acara di Mako Brimob tersebut. Pengalaman naik bis Brimob dengan mobil pengawal di depannya. Kayak pejabat tinggi. Disambut bapak-bapak Polisi. Dilatih baris-berbaris. Halang rintang dan kegiatan lainnya.

Bahkan ia dan beberapa temannya terkesan dengan salah seorang anggota brimob asal Papua. Anggota yang ramah dan jauh dari kesan “angker” seorang anggota polisi.

Dan tahukah Anda, Ia bercerita dengan mata berbinar. Menunjukkan ia sangat menyenangi aktifitas itu.

Jadi, kalau ingin anak-anak kita bersemangat dalam belajar maka pastikan mereka bahagia dengan proses itu.

Selamat membahagiakan anak-anak.***

Salam Sukses Mulia,

M. Furqon Zahidi Motivator Edukasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s